Senin, 09 Januari 2012

PENYEBAB DOA TIDAK DIIJABAH OLEH ALLAH SWT


PENYEBAB DOA TIDAK DIIJABAH OLEH ALLAH SWT
Terkadang tanpa kita sadari kita sholat, lalu berdoa dan salah satu doa yang kita pinta adalah dengan menjadikan kita sebagai orang-orang yang sabar dan ikhlas dalam menghadapi berbagai cobaan yang datang dari allah swt, hal ini terus anda lakukan tanpa ada rasa lelah dan letih sedikitpun akhirnya pada suatu hari anda di uji oleh allah swt dengan berbagai cobaan lalu anda menyikapi musibah tersebut dengan hati yang tidak ikhlas dan mengeluh, nah saudara-saudaraku tau kah anda kenapa doa-doa kita selama ini tidak diijabah oleh allah swt: berikut ini salah satu penyebab doa tidak dikabulkan oleh allah swt:
  1. Orang yang menggunakan barang haram
Adapun orang-orang yang menggunakan barang haram untuk keperluan kepribadiannya sendiri atau untuk kelangsungan hidupnya akan terhalang doanya, allah tidak akan pernah mengabulkan doa bagi hambanya yang masih menggunakan barang haram baik itu pakaiannya, makanannya, maupun segala yang dipakainya menggunakan barang haram bagaimana mungkin allah mengabulkan doanya.
  1. Orang yang tergesa-gesa doanya ingin segera dikabulkan
Sesungguhnya allah itu adalah maha mendengar dan maha mengabulkan doa selagi hambanya itu mau meminta kepada rabb-nya, akan tetapi allah itu maha mengetahui mana yang terbaik untuk hambanya apakah doa hambanya dikabulkan atau tidak , atau akankah disegerakan atau ditunda doanya. Sebagaimana sabda Rasululah Saw bersabda: “ Akan dikabulkan doa seseorang diantara kamu, selama ia tidak minta disegerakan dan berkata :” Aku sudah berdoa namun tak kunjung dipenuhi”. ( HR. Bukhari ). Meminta segera doa dikabulkan merupakan isyarat bahwa ia tidak sabar, sehingga malah akan membuatnya merasa putus asa bila permintaannya tidak dipenuhi , padahal allah melarang hambanya untuk berputus asa.
  1. Orang yang tidak memiliki keyakin ketika berdoa
Seseorang yang berdoa harus yakin bahwa allah akan mendengar dan mengabulkan do’anya sebab, allah tidak akan mengabulkan doa orang yang tidak yakin ketika berdoa. Rasulullah Saw bersabda,’’ berdoalah kepada Allah dengan keyakinan akan dikabulkan.’’(HR.Tirmidzi). orang yang berdoa kepada Allah harus berprasangka baik kepada Allah, bahwa Allah akan menetapkan yang terbaik baginya. Apa pun hasil yang ia peroleh dari doanya, ia akan terus berlapang dada.
Seorang Ulama Sufi Ibr Ahim Bin Adham Bin Manshur menjelaskan sebab-sebab doa tidak dikabulkan oleh Allah sebagai berikut :
  • Kamu mengenal Allah, tetapi kamu tidak menunaikan hak-hak nya
  • Kamu mengaku bahwa kamu cinta kepada Rasuallah Saw, tetapi kamu tinggalkan tuntutannya (sunnahnya).
  • Kamu membaca al-qur’an akan tetapi kamu tidak mengamalkannya sesuai dengan yang diajarkan al-qur’an
  • Kamu makan nikmat-nikmat allah akan tetapi kamu tidak pernah mensyukurinya
  • Kamu berkata bahwa syaitan itu musuhmu tetapi kamu tidak menentangnya
  • Kamu berkata bahwa surga itu benar adanya tetapi kamu tidak beramal untuknya
  • Kamu berkata bahwa neraka itu benar adanya tetapi kamu tidak lari padanya
  • kamu berkata bahwa mati itu benar adanya tetapi kamu tidak bersiap sedia untuk menghadapinya
  • kamu bangun dari tidur lalu kamu menceritakan kebaikan orang, tetapi kamu lupa aib kamu sendiri
  • kamu kubur mayat-mayat tetapi kamu tidak mengambil pelajaran dari mereka
semoga dengan adanya renungan diatas dapat mengubah pola pikir dan tingkah laku kita semua, dan dapat bermanfaat dihari kelak. Amiiiiiiiiiiiiiin



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar