Senin, 09 Januari 2012

Ada Empat Kecerdasan Yang dimiliki Oleh Orang-orang Yang Bertakwa



Ada Empat Kecerdasan Yang dimiliki Oleh Orang-orang Yang Bertakwa

Kita sebagai manusia tentunya pasti mau menjadi orang-orang yangsholeh- sholehah dan bertakwa kepada allah swt, tapi untuk mencapai tingkatan tersebut kita harus melalui beberapa proses agar hidup dan keimanan kita bisa menjadi lebih baik, dan bagi orang-orang yang bertakwa sesungguhny a terdapat keistimewaan yang diberikan allah swt kepada mereka,hal ini terjadi karna mereka mampu bersabar ketika mereka diuji keimanan mereka dengan cobaan yang menerpa mereka, sebagaimana yang tercantum didalam al-quran surrah Ali imran(3) : 133-134 “ dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surge yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa yaitu orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang, allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” ( Ali Imran 133-134), Dari ayat tersebut dari kita simpulkan bahwa ada 4 yang menandai ketakwaan seseorang:
  1. Orang-orang yang selalu menginfaqkan hartanya disaat lapang maupun sempit atau biasanya orang seperti ini disebut memiiki kecerdasaan financial, artinya mereka mampu mengumpulkan harta yang dimilikinya dengan bekerja keras , bekerja dengan hati yang ikhlas tanpa mengharapkan sesuatu yang lebih melainkan mengharapkan keridhoaan disisi allah swt.
  2. Orang-orang yang bisa mengendalikan amarahnya, biasanya disebut dengan memiliki kecerdasaan emosional, artinya seseorang mampu mengendalikan persaan, emosi, senang,sedih sehingga mereka tahu dimana bisa mengungkapkan persaan senang atau ketidaksenangan
  3. Mudah memaafkan, atau biasanya memiliki kecerdasaan social .adapun tanda orang yang memiliki kecerdasaan social itu dapat kita lihat dari pergaulannya sehari-hari , apakah mereka diterima dimasyarakat atau malah sebaliknya? Dan orang yang memiliki kecerdasaan social biasanya ditandai dengan mudah bergaul, dan dapat diterima didalam masyarakat, sikapnya tidak sombong, tidak egois, dan mau hidup bermasyarakat.
  4. Apabila mereka berbuat kesalahan maka mereka segera mengingat allah swt, lalu meminta ampun atas kesalahan yang mereka perbuat biasanya orang seperti ini disebut memiliki kecerdasaan spiritual, artinya orang yang memiliki kecerdasaan spiritual senantiasa mengingat allah, kapan dan dimanapun juga, ketika hendak memulai sesuatu mereka mengingat allah lalu mengucapkan bismilah, ketika pekerjaannya telah usai tak lupa mereka bersyukur sambil mengucapkan allhamdullh .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar