Senin, 09 Januari 2012

cara gampang menikmati musibah


CARA GAMPANG MENIKMATI MUSIBAH
katakanlah tidak akan pernah ada satu musibahpun yang menimpa kita kecuali telah Allah tetapkan pada kita, dan hanya kepada Allah jualah orang-orang beriman bertawakal.”(TQS.At-Taubah:51)
Hidup ini terkadang tidak bisa memilih Kita nggak bisa menghindar dari bagian pahit dari kehidupan. Terkadang kita terluka,menderita,atau menangis. Sebagian orang mendapatkan musibah yang lebih besar dibandingkan orang lain. Ada yang harus kehilangan harta, ada yang kehilangan orang tercinta, bahkan ada yang kehilangan anggota tubuh mereka.
Sahabatku yang kucintai karna allah swt berbahagialah orang yang tetap tabah menghadapi berbagai musibah Orang yang gagah adalah mereka yang tetap tegar diwaktu susah Caranya, hadapi resiko kehidupan ini dengan senyuman.
Ada beberapa alasan mengapa Allah memberikan musibah kepada kita.
  1. Agar sadar bahwa kita adalah manusia makhluk Allah yang lemah serba terbatas, serba kekurangan, dan butuh bantuan orang lain, sehingga hatinya akan menjadi halus dan tabah Ia akan semakin tunduk pada kekuasaan allah dan patuh padanya. Sikap sombong, takabur, dan keras kepala pun akan sirna.
  2. Uji ketabahan bagi kita Jiwa dan pikiran kita pun akan semakin matang dan dewasa manakala bisa bertahan menghadapi berbagai ujian. Itu adalah sunnatullah yang bisa kita saksikan di alam semesta ini. Emas murni yang indah didapatkan setelah dibakar dalam suhu yang tinggi untuk menghilangkan pengotornya. Letusan gunung berapi yang memuntahkan lahar panas melahirkan tanah yang subur.
  3. Sebagai pelajaran, Dalam setiap musibah ada pelajaran yang bisa kita petik baik untuk perbaikan di masa mendatang maupun untuk bisa kita hindari kelak. Padahal tidaklah Allah menciptakan kegagalan dan musibah melainkan ada hikmahnya.
  4. Menghapus kesalahan, Jangan terlalu bersedih saat duka menderamu. Tetaplah bersabar pada saat itu diam-diam Allah tengah menghapus segala kesalahan –kesalahan kita. Musibah adalah cara baginya untuk menghapus berbagai kesalahan kita. Andai kepedihan hati itu kita balas dengan keteguhan hati, maka bergugurlah dosa-dosa yang lalu. ‘’tidaklah seorang muslim menderita kelelahan atau penyakit atau kesusahan hati, bahkan gangguan berupa duri melainkan semua kejadian itu akan berupa penebus dosanya.’’(HR. Bukhari, Muslim)
  5. Menaikkan derajat atau peringkat kita. Sahabatku yang kucintai karna allah swt, kita belum akan menjadi orang –orang yang benar-benar kuat sebelum melewati berbagai ujian. Begitulah cara Allah menaikkan peringkat kita dengan memberikan berbagai ujian. ‘’siapa yang di kehendaki oleh Allah pada nya suatu kebaikan, maka diberinya musibah,’’(HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar